Google Consent Mode adalah solusi cerdas untuk menyeimbangkan iklan online dan privasi Anda. Google merancangnya untuk mengikuti perubahan aturan privasi. Bayangkan ini sebagai kotak alat serbaguna untuk situs web, memungkinkan mereka menyesuaikan cara mereka menggunakan Google Ads dan analitik berdasarkan tingkat kenyamanan Anda. Di dunia di mana kepercayaan dan privasi sangat penting, Google Consent Mode merupakan langkah positif ke depan. Ini menunjukkan komitmen Google terhadap transparansi dan kontrol Anda atas pengalaman online Anda.
Bagaimana Google Consent Mode bekerja? Consent Mode membantu Anda memberi tahu Google tentang pilihan pengguna Anda terkait cookie atau izin aplikasi. Ini, pada gilirannya, memengaruhi bagaimana tag berperilaku di situs web atau aplikasi Anda. Dengan consent mode, ketika pengguna berinteraksi dengan banner atau widget persetujuan cookie Anda, itu menyesuaikan cara Google Analytics, Ads, dan tag lainnya berfungsi. Misalnya, jika seorang pengguna mengklik iklan dan kemudian mengambil tindakan, Google menerima beberapa informasi tanpa menyimpan data pribadi, memastikan privasi.
Berikut adalah langkah-langkah untuk mengimplementasikan Google Consent Mode:
Sebelum pengguna memberikan persetujuan:
- Tetapkan status persetujuan default.
- Perbarui status persetujuan berdasarkan interaksi pengguna dengan pengaturan persetujuan Anda.
Upgrade ke Google Consent Mode v2:
- Google telah memperbarui Consent Mode untuk lalu lintas di Area Ekonomi Eropa (EEA). Pengguna Consent Mode perlu mengirim dua parameter baru selain dari ad_storage dan analytics_storage:
ad_user_data
: ‘granted’ atau ‘denied’ untuk mengatur pengiriman data pengguna terkait iklan ke Google.ad_personalization
: ‘granted’ atau ‘denied’ untuk mengatur iklan yang dipersonalisasi.
- Google telah memperbarui Consent Mode untuk lalu lintas di Area Ekonomi Eropa (EEA). Pengguna Consent Mode perlu mengirim dua parameter baru selain dari ad_storage dan analytics_storage:
Verifikasi bahwa Google Consent Mode berfungsi:
- Pastikan Anda menggunakan gtag.js atau Google Tag Manager.
- Periksa apakah tag-tag Anda berperilaku sesuai dengan preferensi pengguna.
Untuk mengintegrasikan Google Consent Mode dengan situs web Anda, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
Sebelum Pengguna Memberikan Persetujuan:
- Tentukan status persetujuan default.
- Perbarui status persetujuan berdasarkan interaksi pengguna dengan pengaturan persetujuan Anda.
Upgrade ke Google Consent Mode v2:
- Kirim dua parameter baru selain
ad_storage
dananalytics_storage
:ad_user_data
: ‘granted’ atau ‘denied’ untuk mengatur pengiriman data pengguna terkait iklan ke Google.ad_personalization
: ‘granted’ atau ‘denied’ untuk mengatur iklan yang dipersonalisasi.
- Kirim dua parameter baru selain
Verifikasi bahwa Google Consent Mode Berfungsi:
- Pastikan Anda menggunakan
gtag.js
atau Google Tag Manager. - Periksa apakah tag-tag Anda berperilaku sesuai dengan preferensi pengguna.
- Pastikan Anda menggunakan
Anda juga dapat membaca dokumentasi resmi dari Google untuk panduan teknis lebih lanjut, atau menggunakan plugin seperti Site Kit oleh Google untuk memudahkan proses integrasi. Jika Anda menggunakan WordPress, Anda bisa mempertimbangkan plugin seperti CookieYes untuk integrasi yang lebih mudah.