LDII Kota Semarang Komitmen Jaga Pilkada Damai, KPU Apresiasi

LDII Kota Semarang Komitmen Jaga Pilkada Damai, KPU Apresiasi


SEMARANG.  LDII Kota Semarang telah menunjukkan komitmen konkrit dalam mewujudkan Pilkada damai di Kota Semarang. Melalui deklarasi resmi yang digelar di Aula Komplek Masjid Al Wali, organisasi keagamaan ini mengajak seluruh warga untuk turut serta menciptakan pesta demokrasi yang kondusif. Langkah ini mendapat apresiasi penuh dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang yang melihat partisipasi aktif masyarakat sebagai kunci sukses penyelenggaraan Pilkada.

"Kami mengapresiasi deklarasi Pilkada damai di Kota Semarang adalah satu point tersendiri," ungkap Anggota KPU Kota Semarang, Agus Supriyono. "Kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada LDII," tambahnya.

">Ketua DPD LDII Kota Semarang, Suhindoyo, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran warga akan pentingnya Pilkada yang damai, jujur, adil, dan demokratis. "Menurut kami, melalui pengetahuan tersebut, warga akan meningkatkan kecintaannya terhadap NKRI dan berpartisipasi aktif dalam proses demokrasi," ujarnya.

Suhindoyo juga menekankan bahwa Pemilu merupakan salah satu tahapan penting dalam proses demokrasi untuk menghasilkan pemimpin dan penyelenggara negara yang baik. Oleh karena itu, kesuksesan penyelenggaraan Pilkada serentak sangat menentukan proses pembangunan yang berkelanjutan.

"Kehidupan berbangsa bernegara itu dimulai dari proses demokrasi yang jujur, adil, dan transparan. Karena bila gagal, tidak sesuai dengan upaya yang diharapkan, bisa berakibat buruk bagi kelangsungan masyarakat, terutama pembangunannya," terangnya.

DPD LDII Kota Semarang memiliki komitmen untuk menjaga kondusifitas berbangsa dan bernegara. "Ini bagian dari tanggung jawab kami sebagai anak bangsa dan ormas Islam yang bernaung dalam NKRI, di mana kami mempunyai kepentingan dan kewajiban untuk menjaga kondusivitas dalam berbangsa dan bernegara," katanya.

Agus Supriyono juga menyampaikan bahwa partisipasi aktif masyarakat sangat diharapkan dalam berbagai tahapan Pilkada. Karena itu, pihaknya terus melakukan sosialisasi ke berbagai LSM dan ormas agar turut berperan aktif dalam mensukseskan penyelenggaraan Pilkada. "Semua LSM dan Ormas kita libatkan untuk melakukan hal yang serupa seperti ini, agar partisipasi masyarakat meningkat sesuai target nasional di angka 77 persen terpenuhi," katanya.

Agus menyampaikan, jumlah pemilih di Kota Semarang, menurut data per Selasa 30 Juli 2024, ada sebanyak 1.270.440 jiwa, dengan pemilih laki-laki 616.623 jiwa dan perempuan 653.817 jiwa. Jumlah tersebut berada di 16 kecamatan, 177 kelurahan, dan 2358 TPS termasuk 4 TPS Loksus.

"Progres fokusnya pada pengisian rekap perkembangan per TPS dan melakukan rekap sending untuk persiapan DPHP di PPS, PPK serta DPS tingkat kota," terangnya.

Agus berharap, melalui sosiliasasi, pengurus LDII bisa menyampaikan ke warganya agar berpartisipasi aktif dengan menggunakan hak pilihnya dan tidak golput. Selain itu, mengajak warga untuk berperan sebagai penyelenggara Pilkada dengan mengambil bagian di KPPS dan lainnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama