Program Studi Periodonsia FKG Universitas Hasanuddin Bersinergi dengan DPW LDII Sulawesi Selatan

Program Studi Periodonsia FKG Universitas Hasanuddin Bersinergi dengan DPW LDII Sulawesi Selatan


Makassar, 10 Agustus 2024 – Kesehatan mulut dan gigi menjadi sorotan utama dalam acara penyuluhan yang digelar di kompleks Dr. Tadjuddin Chalid, Kota Makassar, pada Sabtu, 10 Agustus 2024. Program Studi Periodonsia Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin berkolaborasi dengan DPW LDII Sulawesi Selatan dalam inisiatif bertajuk “Peningkatan Status Kesehatan Jaringan Periodontal Melalui Dental Health Education (DHE), Kontrol Plak, Scaling Rootplaning (SRP) pada Masyarakat.”

Sri Oktawati, Ketua Prodi Periodonsia FKG Universitas Hasanuddin, memaparkan bahwa periodonsia, yang mencakup jaringan penyangga gigi, memainkan peran penting dalam kesehatan gigi secara keseluruhan. “Kadang-kadang giginya bagus, tetapi jaringannya rusak maka gigi harus dicabut,” ujar Sri. Ia menjelaskan lebih lanjut mengenai karang gigi—lapisan kerak kuning yang menempel pada gigi dan dapat menyebabkan berbagai masalah jika tidak ditangani. “Bila karang sudah terbentuk, maka karang gigi dapat dibersihkan dengan bantuan dokter gigi dengan proses pembersihan karang gigi (scaling),” tambahnya.

Pentingnya penanganan karang gigi tidak bisa dianggap sepele. Sri menekankan bahwa karang gigi yang tidak diatasi dapat berlanjut menjadi penyakit gusi seperti gingivitis, yang ditandai dengan gusi kemerahan, membengkak, dan sering berdarah. “Hal ini dapat berlanjut menjadi radang jaringan penyangga gigi lainnya (periodontitis) bila tidak segera dirawat. Bila sudah tahap ini, dapat menimbulkan gigi goyang karena jaringan penyangga gigi sudah rusak,” pungkasnya.

Acara tersebut melibatkan 16 dokter gigi yang tengah menempuh spesialisasi di Prodi Periodonsia, yang memberikan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan. Dokter Muhammad Harifza membuka kegiatan dengan penyuluhan diikuti pemeriksaan gigi dan mulut, serta pemeriksaan gula darah dan tekanan darah.

Ketua DPW LDII Provinsi Sulawesi Selatan, Abri, menekankan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut sebagai bagian integral dari kesehatan tubuh secara keseluruhan. Ia mengucapkan terima kasih kepada Sri Oktawati atas kerjasama ini, dan menilai kegiatan ini sebagai langkah signifikan dalam pengabdian masyarakat. “Bersama ini kami mengucapkan terima kasih kepada Ketua Prodi Periodonsia FKG Universitas Hasanuddin Sri Oktawati, yang menjalin kerja sama dengan DPW LDII Sulawesi Selatan,” kata Abri.

Abri menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari tri dharma perguruan tinggi dan juga menjadi bagian dari persiapan Musyawarah Wilayah VIII DPW LDII Sulawesi Selatan yang akan digelar pada 17 September 2024 di Markas Polda Sulawesi Selatan. “Kegiatan ini juga sebagai kegiatan pra Musyawarah Wilayah VIII DPW LDII Sulawesi Selatan yang rencananya akan digelar pada 17 September 2024 di Markas Polda Sulawesi Selatan,” tutupnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama