Ribuan Santri dan Warga Jombang Bersatu dalam Kerja Bakti, Ciptakan Lingkungan Bersih dan Sehat


Ribuan Santri dan Warga Jombang Bersatu dalam Kerja Bakti, Ciptakan Lingkungan Bersih dan Sehat



Jombang (29/08) – Semangat gotong royong memuncak di Jombang pada Kamis (29/8), ketika sekitar 8.000 santri Pondok Pesantren (Ponpes) Gadingmangu dan warga LDII turun ke jalan untuk mengikuti kerja bakti massal. Mengusung tema "Kerja Bersama, Bakti untuk Negeri," aksi ini menandai puncak peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan tekad yang menggebu untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Kegiatan ini melibatkan bukan hanya para santri Ponpes Gadingmangu, tetapi juga pelajar dari Yayasan Pendidikan Budi Utomo (YPBU) Gadingmangu dan anggota DPD LDII Kabupaten Jombang. Para pelajar dari berbagai jenjang pendidikan, termasuk SMP, SMK, dan SMA, turut berpartisipasi dalam aksi bersih-bersih yang meliputi kawasan Masjid Luhur Nurhasan, area pondok, dan ruas Jalan Desa Gadingmangu menuju Perak.

Dalam sambutannya, Asisten 3 Setdaprov Jawa Timur Akhmad Jazuli mengungkapkan kebanggaan dan apresiasinya. "Saya mewakili Pak Gubernur Jawa Timur, bangga dan bersyukur, sekaligus menyambut positif, atensi, kebanggaan saya, inilah sumbangsih LDII untuk negeri. Kader-kader LDII benar-benar ditanamkan untuk cinta kebersihan,” ujarnya. Jazuli menambahkan, sebagai umat Islam, menjaga kebersihan lingkungan adalah bagian dari iman. "Dengan kerja bakti ini, lingkungan dan tempat ibadah menjadi bersih seperti hati kita juga bersih," jelasnya.

Moch Amrodji Konawi, Ketua DPW LDII Jawa Timur, menegaskan bahwa kegiatan ini adalah bagian dari upaya LDII untuk berkontribusi aktif terhadap lingkungan dan masyarakat. "Kerja bersama bakti untuk negeri adalah program nasional LDII, kegiatannya yaitu membersihkan lokasi sekitar termasuk selokan, rumput liar, menanam tanaman, fasilitas umum, termasuk membersihkan gereja, pura, dan masjid," ungkapnya. Program ini telah dilaksanakan secara serentak di seluruh Jawa Timur sejak awal Agustus, dengan puncaknya jatuh pada hari ini.

Sementara itu, KH Achmad Fawwaz, Ketua Pembina YPBU Gadingmangu, menekankan komitmen untuk mendukung program pemerintah dan menjalin kerja sama dengan LDII di bidang pesantren dan pendidikan. “Kami yang membawahi sekolah maupun pesantren berupaya semaksimal mungkin, apa yang diacarakan oleh LDII bisa terwujud. Karena, acara kerja bersama bakti untuk negeri ini bukan hanya melibatkan siswa pesantren, tetapi juga warga LDII di luar pesantren,” pungkasnya.

Kegiatan kerja bakti ini juga dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Perwakilan Biro Kesra Prov. Jawa Timur Siti Munawaroh, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Jombang Anwar, Pembina YPBU KH Lukman Hakim, Ketua YPBU H. Wildy Istimror, serta tokoh masyarakat dan alim ulama setempat.

 

Baca juga

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama