Logo LDII

Mari Sukseskan Rakornas LDII 2024

20 - 22 September 2024 di Grand Ballroom Minhajurrosyidin, Jakarta

Jamnas Perdana Mbahman Gowes Sejagad Berlangsung Sukses

Jamnas Perdana Mbahman Gowes Sejagad Berlangsung Sukses


Sukoharjo (10/9) - Komunitas bersepeda Mbah Man Gowes Sejagad (MGS) menggelar Jambore Nasional pertama mereka pada 31 Agustus hingga 1 September 2024, bertempat di halaman Padepokan Persinas ASAD, Pondok Pesantren Barokah, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Ketua Umum MGS, Ali Mursito, menyampaikan bahwa Jambore Nasional MGS I adalah bagian dari rencana jangka panjang komunitas tersebut. “Kami berencana menggelar dua tahun sekali di lokasi-lokasi yang berbeda. Rencananya, Jambore Nasional MGS II, dilaksanakan pada 2026 di Kediri,” ujar Ali Mursito.

Mengusung tema “Gowes Kebangsaan,” acara ini selaras dengan peringatan Hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia yang mengusung tema Nusantara Baru, Indonesia Maju. Acara dibuka dan dilepas oleh Asisten I Bupati Sukoharjo, Agustinus Setiyono.

Jamnas Perdana Mbahman Gowes Sejagad Berlangsung Sukses

Rute gowes dimulai dari halaman kantor Bupati Sukoharjo dan melibatkan titik kumpul di Desa Cangkring Puhgogor untuk kegiatan bakti sosial. Peserta melewati berbagai lokasi berpemandangan indah, termasuk kawasan Alaska alias alas karet, menambah kesan positif dalam pengalaman bersepeda mereka.

Sesampainya di Padepokan Persinas ASAD, Ponpes Barokah, para peserta menikmati beragam acara fun game dan pembagian hadiah. Jambore Nasional perdana ini dihadiri oleh 1.300 peserta, yang sebagian besar berasal dari kota-kota di Jawa, dengan beberapa peserta dari Lampung dan Pekanbaru, Riau.

Sebanyak 14 peserta melakukan perjalanan jarak jauh, bersepeda sejauh 600 km dari Jakarta menuju Sukoharjo. Mereka memulai perjalanan pada 26 Agustus dan tiba pada 31 Agustus. Salah satu peserta tertua adalah Dewan Penasihat PC LDII Bekasi Utara, Swartono, yang berusia 72 tahun. Sedangkan peserta terjauh adalah Rino dari LDII Kedaton, Bandar Lampung.

Koordinator Full Gowes, Rachmadi Widjiantoro, menekankan pentingnya persiapan matang dan pengalaman dalam bersepeda jarak jauh. “Hal yang tak kalah penting adalah tetap menjaga protokol keselamatan bersepeda dan mematuhi peraturan lalu lintas,” jelas Rachmadi.

Ketua Pelaksana Jambore Nasional MGS I, Suhanto, menambahkan bahwa manfaat bersepeda mencakup kesehatan tubuh dan kelancaran ibadah. “Apapun sepedamu, yang penting gowes. Bagi warga LDII yang memiliki sepeda apapun jenisnya, yuk kita bersama menjaga kesehatan dengan berolahraga, melestarikan lingkungan, dan menciptakan udara bersih,” ujar Suhanto.

Gowes MGS diharapkan dapat mempererat kerukunan dan kekompakan di antara para peserta. Mereka kini menantikan Jambore Nasional MGS ke-2 yang akan diadakan di Kediri, Jawa Timur.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama