Jumat الْجُمُعَةِ Lagi, Yuk Bergegas untuk Beribadah!

Jumat Lagi


Hari Jumat adalah hari istimewa dalam kalender Islam. Setiap minggu, hari ini datang sebagai kesempatan berharga untuk mendekatkan diri kepada Allah dan memperbarui keimanan kita. Dalam Al-Qur'an, Allah SWT menegaskan keutamaan hari Jumat sebagai hari ibadah khusus yang harus diprioritaskan oleh setiap Muslim. Mari kita kaji lebih dalam tentang pentingnya hari Jumat dan bagaimana kita dapat memanfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya.

Keutamaan Hari Jumat

Hari Jumat memiliki keutamaan yang sangat besar dalam Islam. Allah SWT berfirman dalam Surah Al-Jumu'ah (62:9):

"يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ"

“Wahai orang-orang yang beriman! Apabila diserukan azan untuk shalat pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu untuk mengingat Allah dan tinggalkan jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (Surah Al-Jumu'ah, 62:9)

Ayat ini jelas menunjukkan bahwa shalat Jumat adalah kewajiban yang harus didahulukan di atas aktivitas duniawi. Shalat Jumat adalah ibadah wajib yang hanya dilaksanakan sekali seminggu, dan di sinilah kita mendapat kesempatan untuk berkumpul dalam kekhusyukan dan kebersamaan.


Thumbnail Carousel with Titles

Waktu-Waktu Mustajab di Hari Jumat

Hari Jumat juga memiliki waktu-waktu yang mustajab, yaitu waktu-waktu yang sangat dianjurkan untuk berdoa, karena doa-doa tersebut lebih mudah diterima oleh Allah SWT. Ada beberapa waktu yang perlu diperhatikan pada hari Jumat:

Waktu di Antara Dua Khutbah: Salah satu waktu yang mustajab pada hari Jumat adalah ketika di antara dua khutbah. Dalam hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:


عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَكَرَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَـقَالَ فِيهِ سَاعَـةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبـْدٌ مُسْلِمٌ وَهُوَ قَائِمٌ يُصَلِّي يَسْأَلُ اللهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ وَأَشَارَ بِيَدِهِ يُقَلِّلُهَا [رواه البخاري].

Dari Abu Hurairah (diriwayatkan) bahwa Rasulullah saw menyebut tentang hari Jumat, lalu beliau bersabda: Pada hari itu ada suatu waktu yang tidak dijumpai oleh seorang hamba muslim yang sedang shalat dengan berdoa memohon sesuatu kepada Allah kecuali akan dikabulkan doanya. Rasulullah saw mengisyaratkan dengan tangannya tentang singkatnya waktu itu [H.R. al-Bukhari].

Meskipun waktu tepatnya tidak dijelaskan secara rinci, para ulama sepakat bahwa waktu tersebut adalah ketika khutbah Jumat berlangsung.


Memanfaatkan Hari Jumat dengan Optimal

Untuk memanfaatkan hari Jumat dengan sebaik-baiknya, berikut beberapa langkah yang bisa kita lakukan:


Berwudhu dan Pergi ke Masjid: Usahakan untuk berwudhu sebelum berangkat ke masjid dan pergi lebih awal agar bisa mendengarkan khutbah dengan khusyuk. Rasulullah SAW bersabda:


مَنْ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَتَطَهَّرَ بِمَا اسْتَطَاعَ مِنْ طُهْرٍ ثُمَّ ادَّهَنَ أَوْ مَسَّ مِنْ طِيبٍ ثُمَّ رَاحَ فَلَمْ يُفَرِّقْ بَيْنَ اثْنَيْنِ فَصَلَّى مَا كُتِبَ لَهُ ثُمَّ إِذَا خَرَجَ الْإِمَامُ أَنْصَتَ غُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْجُمُعَةِ الْأُخْرَى

"Barangsiapa mandi pada hari Jum'at lalu bersuci semaksimal mungkin, lalu memakai minyak atau wewangian lalu keluar rumah menuju masjid, ia tidak memisahkan antara dua orang pada tempat duduknya, kemudian ia mengerjakan shalat yang dianjurkan baginya, lalu bila imam sudah datang dia berdiam mendengarkan, maka dia akan diampuni dosa-dosanya yang ada antara Jum'atnya itu dan Jum'at yang lainnya."(HR. Bukhari)


Mendengarkan Khutbah dengan Khusyuk: Fokuskan perhatian pada khutbah dan ambil hikmah dari setiap kata-kata yang disampaikan.

Membaca Surah Al-Kahfi: Dianjurkan untuk membaca Surah Al-Kahfi pada hari Jumat, sesuai dengan hadits Nabi:

"مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ من النور مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ"

“Barangsiapa membaca Surah Al-Kahfi pada hari Jumat, maka akan diterangi (hatinya) di antara dua Jumat.” (HR. Al-Hakim)

Berdoa di Waktu Mustajab: Manfaatkan waktu-waktu mustajab yang telah disebutkan untuk berdoa dan memohon kepada Allah SWT.


Hari Jumat adalah hari yang penuh berkah dan keutamaan bagi umat Islam. Dengan mematuhi perintah Allah SWT dan mengikuti sunnah Rasulullah SAW, kita dapat menjadikan hari ini sebagai momen untuk memperkuat iman dan meningkatkan ibadah. Marilah kita bergegas untuk beribadah dengan penuh rasa syukur dan khusyuk, serta memanfaatkan waktu-waktu mustajab di hari yang mulia ini. Semoga Allah SWT menerima segala amal ibadah kita dan menjadikan kita sebagai hamba-Nya yang selalu istiqamah. Aamiin.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama