Program Afiliasi YouTube Shopping di Indonesia

Program Afiliasi YouTube Shopping di Indonesia


YouTube telah meluncurkan Program Afiliasi YouTube Shopping di Indonesia, menjadikan platform ini lebih dari sekadar media hiburan. Kini, kreator konten bisa menghasilkan pendapatan tambahan melalui komisi dengan menandai produk yang dijual di Shopee dalam video mereka. Program ini resmi diluncurkan pada Jumat (20/9), menjadikan Indonesia sebagai negara pertama di Asia Tenggara yang mencicipi inovasi ini, sebelum menyusul Thailand dan Vietnam.

Efek domino dari tren belanja online semakin terasa, terutama dengan munculnya peluang wirausahawan baru yang menjual produk melalui platform digital seperti YouTube. Kini, tanpa perlu kios atau toko fisik, kreator bisa memanfaatkan YouTube Shopping untuk mempromosikan produk dan memperoleh komisi.

Menurut Travis Katz, General Manager dan Vice President Shopping YouTube, program afiliasi ini menawarkan cara baru bagi kreator untuk mendapatkan penghasilan dan memberikan nilai tambah bagi komunitas mereka. Ini diharapkan memperkuat hubungan kreator dengan audiens serta mendorong perkembangan usaha kecil, menengah, dan mikro yang menjual produk di Shopee.

Untuk ikut serta dalam program ini, kreator harus memenuhi beberapa syarat, di antaranya:

  • Channel harus tergabung dalam Program Partner YouTube.
  • Memiliki lebih dari 10 ribu subscriber.
  • Berdomisili di negara yang mendukung program, termasuk Indonesia.
  • Bukan channel musik atau yang berfokus pada konten untuk anak-anak.

Langkah pendaftarannya pun sederhana, kreator hanya perlu masuk ke YouTube Studio, pilih menu penghasilan, lalu menyetujui Persyaratan Layanan Program Afiliasi YouTube Shopping.

Selain dengan Shopee, YouTube juga berencana untuk menggandeng lebih banyak mitra e-commerce di masa depan, guna memperluas pilihan produk yang bisa ditandai oleh kreator. Ini diharapkan bisa meningkatkan opsi belanja bagi pengguna dan mendukung lebih banyak brand lokal untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama