Tutup CAI 2024, Kapolresta Apresiasi LDII Padang Bina Generasi Muda

Tutup CAI 2024, Kapolresta Apresiasi LDII Padang Bina Generasi Muda


PADANG. Kapolresta Padang diwakili oleh Kabag SDM, Kompol H Eri, menutup Perkemahan Cinta Alam Indonesia (CAI) ke-45 yang diselenggarakan oleh LDII Kota Padang. Acara tersebut berlangsung pada Minggu (1/9) di Bumi Perkemahan Villa Biru Air Dingin.

Dalam sambutannya, Kompol Eri memberikan apresiasi kepada LDII atas upayanya membina generasi penerus melalui kegiatan CAI. Menurutnya, kegiatan ini berhasil menanamkan nilai-nilai amanah, jujur, mandiri, dan peduli terhadap lingkungan pada generasi muda.

“Saya ingatkan kepada generasi muda LDII mengenai bahaya narkoba dan tawuran yang semakin marak di kota Padang saat ini. Jangan main-main dengan hal tersebut karena dapat merusak generasi saat ini dan yang akan datang. Oleh karena itu, jagalah diri dengan fondasi agama yang kuat,” tegas Kompol Eri.

Kompol Eri menjelaskan bahwa ia sangat memahami penyebab tingginya angka tawuran pelajar, yang bahkan mulai dari usia SMP. “Banyak yang saya temui di lapangan rata-rata kasus kenakalan remaja ini terjadi, karena kurangnya pengasuhan di keluarga, ada yang memiliki latar belakang keluarga broken home, atau pernah mengalami perundungan dan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT),” tambahnya.

Dia menekankan pentingnya penguatan fondasi agama melalui lingkungan terkecil, seperti keluarga dan masyarakat, untuk menentukan masa depan generasi muda. Kompol Eri memuji LDII atas upayanya menjaga generasi muda dari pengaruh negatif dan kenakalan remaja.

“Falsafah orang Minangkabau mengatakan alam takambang jadi guru. Itu bermakna bahwa semua yang terjadi di sekitar kita perlu untuk diambil hikmah dan dijadikan pembelajaran,” ujarnya.

Dia juga mengingatkan akan pentingnya peran orang tua dalam memberikan pendidikan agama dan karakter di rumah. “Peran tokoh masyarakat dan organisasi seperti LDII juga menentukan bagaimana pengajaran itu bisa disampaikan kepada generasi penerus secara berkelanjutan, termasuk juga belajar dari kejadian yang terjadi di sekitar kita,” tutup Kompol Eri.

Wakil Ketua DPD LDII Kota Padang, KH M. Shodiqin, menyatakan sependapat dengan Kompol Eri. Menurutnya, perkemahan CAI adalah program tahunan LDII yang bertujuan memberikan pemahaman yang mendalam kepada generasi muda mengenai tantangan saat ini dan di masa depan.

“Alhamdulillah, kemah CAI LDII Kota Padang terselenggara dengan aman, selamat, lancar, dan barokah. Semoga segala ilmu dan pengalaman yang dibagikan kepada pemuda dan pemudi LDII selama tiga hari ini, hendaknya menjadi bekal kehidupan yang baik,” ucap Shodiqin.

Acara diakhiri dengan penandatanganan “Deklarasi Anti Tawuran” oleh pemuda LDII se-Kota Padang bersama pejabat kepolisian yang hadir. “Setelah penutupan ini, mari bersama pejabat kepolisian yang hadir dan tamu undangan, kita tandatangani deklarasi anti tawuran pelajar, sebagai wujud komitmen bersama LDII dalam menjaga keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat,” pungkas Shodiqin. (Nisa/LINES)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama