Hari Santri 2024, DPP LDII Ajak Santri Tingkatkan Kontribusi Majukan Negeri

DPP LDII Ajak Santri Tingkatkan Kontribusi Majukan Negeri di Hari Santri 2024

Jakarta (22/10) – Memperingati Hari Santri 2024, DPP LDII mengajak seluruh santri untuk meningkatkan kontribusi mereka dalam memajukan negeri. Hari Santri diperingati setiap 22 Oktober untuk menghormati peran KH Hasyim Asy'ari, yang mengeluarkan Resolusi Jihad pada tahun 1945. Hal ini menjadi momentum bagi santri untuk merenungkan peran mereka dalam menjaga dan membangun Indonesia.

Ketua Umum DPP LDII, KH Chriswanto Santoso, menegaskan bahwa semangat juang para santri harus diteladani. “Kami warga LDII di seluruh Indonesia memaknai Hari Santri dengan meneladani daya juang mereka. Santri dalam era Indonesia modern dituntut untuk mendorong kemajuan di segala bidang. Mereka berdakwah dalam dimensi yang makin luas,” ungkapnya.

Lebih lanjut, KH Chriswanto menekankan pentingnya santri berperan aktif di berbagai bidang. “Inilah yang kami sebut insan profesional religius. Dengan semangat hari santri, mari menjadikan Indonesia negara maju yang bermartabat dan selalu memperoleh kebarokahan dan ridho Allah Subhana Wa Ta Ala,” tutupnya.

DPP LDII Ajak Santri Tingkatkan Kontribusi Majukan Negeri di Hari Santri 2024

Ketua Pondok Pesantren Wali Barokah, KH Sunarto, juga mengajak para santri untuk merefleksikan peranan mereka dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Dalam memperingati Hari Santri, tema “Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan” menjadi pengingat akan sejarah perjuangan ulama dan santri dalam mempertahankan kemerdekaan.

“Makna historis mengingatkan kepada kita tentang peran besar para ulama dan santri pada masa lampau, dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia melalui resolusi jihad,” jelasnya. Sementara itu, makna kontekstual menekankan pentingnya dakwah yang damai dan toleransi antarumat beragama.

KH Sunarto juga menegaskan bahwa perjuangan di zaman sekarang lebih kepada perjuangan intelektual. “Dengan berbekal ilmu pengetahuan keimanan dan ketakwaan yang dimiliki, bisa memberikan kontribusi yang maksimal dalam merengkuh masa depan, yaitu menjadi bangsa yang cerdas, bermartabat, maju, dan sejahtera,” tutupnya.

Melalui peringatan ini, diharapkan para santri akan terus berkontribusi secara positif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, serta mewujudkan visi Indonesia yang lebih baik.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama