Rakorwil LDII Papua Barat Tegaskan Netralitas dalam Pilkada

Rakorwil LDII Papua Barat Tegaskan Netralitas dalam Pilkada


Manokwari (19/10). Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) LDII Papua Barat digelar pada Minggu (13/10) di Aula Al-Mubarok, Manokwari, secara hybrid. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua DPW LDII Papua Barat, Suroto, serta pengurus dan warga LDII di seluruh Papua Barat.

Pada kesempatan itu, Suroto mengungkapkan Rakorwil tersebut digelar untuk menegaskan sikap netral aktif yang dipegang teguh LDII dalam menghadapi Pilkada serentak. Menurutnya, LDII sebagai organisasi tidak memihak calon kepala daerah manapun, namun mendorong warganya untuk menggunakan hak pilihnya dengan bijak.

“Warga LDII harus netral aktif, ikut menyukseskan agenda nasional demi kelangsungan pembangunan. Pada 27 November nanti, setiap warga yang memiliki hak pilih wajib memberikan suaranya, tidak boleh golput. Ini adalah tanggung jawab sebagai warga negara,” tegasnya.

Ia juga mengingatkan pentingnya menjaga persatuan meskipun terdapat perbedaan pilihan, “Perbedaan suara harus dihormati, tetapi persatuan bangsa tetap harus dijaga,” imbuhnya.

Suroto menambahkan kepada seluruh pengurus dan warga agar mengecek daftar pemilih tetap (DPT) masing-masing melalui situs https://cekdptonline.kpu.go.id/ untuk mengantisipasi bergesernya tempat pemilihan suara (TPS). “Selain itu warga diimbau supaya tetap menjaga Kamtibmas di lingkungannya masing-masing terutama menjelang hari H Pilkada,” lanjutnya.

Untuk menjaga Kamtibmas, ia mengimbau pengurus LDII Papua Barat di tingkat PAC, PC, dan DPD untuk menjalin komunikasi dengan stakeholder setempat. “Situasi politik semakin hangat diharapkan tetap menjalin komunikasi dan koordinasi dengan aparat TNI dan Polri setempat serta tokoh-tokoh adat, tokoh masyarakat dan pemuka agama untuk menciptakan pilkada yang aman dan damai,” ujar Suroto.

Senada, Wakil Ketua LDII Papua Barat, Hendri Irnawan Saputra, dalam materinya menegaskan agar seluruh pengurus LDII menjaga kredibilitas organisasi dengan tidak terlibat politik praktis dan fokus pada memberikan literasi politik yang benar kepada masyarakat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama