Sambut Hari Santri Nasional, Sako SPN DIY Gelar Kemah Santri 2024

Sambut Hari Santri Nasional, Sako SPN DIY Gelar Kemah Santri 2024


Bantul (19/10) - Satuan Komunitas (Sako) Pramuka Sekawan Persada Nusantara (SPN) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar Kemah Santri dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional 2024. Mengangkat tema “Menyambut Juang, Merengkuh Masa Depan, Terapkan 29 Karakter Luhur”, Kemah Santri digelar di Pondok Pesantren Nur Aisyah, Barongan, Sumberagung, Jetis, Bantul, pada Sabtu-Minggu, 19-20 Oktober 2024.

Kemah Santri ini diikuti oleh seluruh pondok pesantren (Ponpes) di bawah naungan DPW LDII DIY, dengan total 367 santri yang berpartisipasi. Beberapa ponpes yang terlibat antara lain Ponpes Al Barokah Bantul, Ponpes Nur Aisyah Bantul, dan Insan Mulia Boarding School Sleman. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat rasa persatuan dan meningkatkan karakter para santri.

Dalam pembukaan Kemah Santri, Ketua Tim PAI Bidang Pakis Kanwil Kemenag DIY, Edy Purwanto, memuji langkah Sako SPN DIY dalam menyambut Hari Santri 2024. “Dipilihnya bulan Oktober semata-mata untuk menyambut Hari Santri Nasional dan saya sangat bangga karena membayangkan kegiatan ini seperti pengajian. Ternyata juga menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mengheningkan cipta yang menunjukkan adik-adik ini memiliki jiwa patriotisme dan nasionalisme yang tinggi,” jelas Edy.

Edy juga memberikan semangat dan pesan kepada para peserta untuk menjadikan diri sebagai pemuda yang hebat. “Jadilah pemuda yang hebat dan tetap bertahan menjadi pemuda Islami yang bisa mengemban amanat bangsa dan amanat rasul,” pesannya.

Hari pertama kegiatan ini diisi dengan materi dari Kanwil Kemenag DIY dan Kejaksaan Tinggi DIY. Kanwil Kemenag DIY membahas pentingnya moderasi beragama, sedangkan Kejaksaan Tinggi DIY memberikan informasi tentang bahaya bullying di kalangan santri.

Selain materi, berbagai perlombaan juga digelar untuk mengasah kreativitas para santri, termasuk hasta karya mengolah sampah, membuat jamu tradisional, dan cerdas cermat. Lomba khusus juga diselenggarakan untuk santri putra dan putri, seperti lomba sesorah bahasa Jawa dan wiru jarik.

Dengan kegiatan Kemah Santri 2024 ini, diharapkan para santri dapat menjalin keakraban serta terlibat dalam berbagai kegiatan positif yang memperkuat karakter dan kebersamaan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama